Senin, 09 Januari 2012

MANUSIA DAN KEGELISAHAN - TUGAS ILMU BUDAYA DASAR

                          Manusia Dan Kegelisahan

nama : oen shiuli
kelas 1PA01
npm : 15511427

        
Pengertian kegelisahan

Kegelisahan berasal dari kata gelisah, yang berarti tidak tentram hatinya, selalu merasa khawatir tidak tenang, tidak sabar, cemas. Kegelisahan dapat diketahui dari gerak gerik seseorang dalam situasi tertentu. Kegelisahan merupakan salah satu ekspresi kecemasan. Masalah kecemasan berkaitan juga dengan frustasi, yang secara definisi berarti mengalami frustasi karena apa yang diinginkan tidak tercapai.
Sigmund Freud, ahli psikoanalisa berpendapat ada 3 macam kecemasan yang menimpa manusia yaitu : kecemasan kenyataan (objektif), kecemasan neurotik, dan kecemasan moril.

Kecemasan objektif adalah suatu pengalaman perasaan sebagai akibat pengamatan atau bahaya dalam dunia luar. Pengalaman bahaya dan timbul kecemasan dari sifat pembawaan, dalam arti kata, seseorang mewarisi kecenderungan untuk menjadi takut kalau ia berada dekat dengan benda-benda tertentu dalam keadaan tertentu dari lingkungan.

Kecemasan neurotis, timbul karena pengamatan tentang bahaya dari naluriah menurut sigmund freud kecemasan ini dibagi menjadi 3 macam yakni; kecemasan yang timbul karena penyesuaian diri dengan lingkungan, bentuk ketakutan yang irasional (phobia) dan rasa takut lain karena gugup, gagap, an sebagainya.

Kecemasan moril disebabkan karena pribadi seseorang. Setiap pribadi memiliki bbermacam-macam emosi antara lain : iri, dengki, marah, gelisah, cinta, rasa kurang. Semua itu merupakan pernyataan individu berdasarkan konsep yang kurang sehat.


Keterasingan
keterasingan berasal dari kata terasing, dan kata itu adalah kata dasar asing.

Kata asing berarti hal-hal yang berkenaan dengan tersisihkan dari pergaulan, terpencil atau terpisaha dari yang lain. Keterasingan adalah bagian hidup dari manusia, sebentar atau lama keterasingan tentu dengan sebab dan kadar yang berbeda dari masing-masing orang.


Kesepian
kesepian berasal dari kata sepi, yang berarti sunyi dan lenggang, sehingga kesepian berarti merasa sunyi atau lenggang, tidak berteman. Kesepian merupakan bagian hidup manusia. Lama atau sebentarnya bergantung pada mental dan khasus penyebabnya. Bermacam sebab terjadinya kesepian, frustasi dapat mengakibatkan kesepian. Jadi kesepian itu akibat dari keterasingan. Keterasingan akibat dari sombong, angkuh, kaku, keras kepala, sehingga dijauhi teman-teman sepergaulannya.

Ketidakpastian
ketidakpastian berasal dari kata tidak pasti yang berarti tidak menentu, tidak dapat ditentukan, tidak tahu, tanpa arah yang jelas, tanpa usul-usul yang jelas.
Beberapa penyebab orang tak dapat berpikir dengan tidak pasti ialah :



  1. obsesi
  2. phobia
  3. kompulasi
  4. hysteria
  5. delusi
  6. halusinasi
  7. keadaan emosi                                                                                                                  untuk dapat menyembuhkan keadaan tersebut tergantung pada mental si penderita. Andaikata penyebab telah diketahui tetapi belum sembuh, maka jalan yang palin g baik adalah diajak pergi ke psikolog.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar