Sabtu, 17 Desember 2011

Tugas IBD

                 MANUSIA DAN TANGGUNG JAWAB


nama : oen shiuli
kelas : 1PA01
npm : 15511427


Tanggung jawab

Tanggung jawab adalah keadaan wajib menanggung segala sesuatunya. Atau dalam arti kewajiban menanggung, memikul jawab, menanggung segala sesuatunya, atau memberikan jawaban dan menanggung akibatnya. Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatan yang disengaja maupun tidak disenagaja. Juga berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajibannya. Timbulnya tanggung jawab karena manusia hidup bermasyarakat dan hidup dalam lingkungan alam. Tanggung jawab itu bersifat kodrati, artinya merupakan bagian kehidupan manusia, bahwa setiap manusia pasti dibebani oleh tanggung jawab. Tanggung jawab dapat dilihat dari dua sisi yaitu, dari sisi berbuat dan dari sisi kepentingan pihak lain. Ciri manusia beradab adalah bertanggung jawab. Manusia merasa bertanggung jawab karena menyadari baik buruk dari perbuatan itu, dan menyadari pula bahwa pihak lain memerlukan pengabdian da pengorbanannya.
Macam-macam tanggung jawab :
  1. tanggung jawab tehadap diri sendiri
  2. tanggung jawab terhadap keluarga
  3. tanggung jawab terhadap masyarakat
  4. tanggung jawab terhadap bangsa/ negara
  5. tanggung jawab terhadap tuhan
Pengabdian dan pengorbanan
    wujud dari tanggung jawab adalah pengabdian dan pengorbanan. Pengabdian dan pengorbanan adalah perbuatan baik untuk kepentingan manusia itu sendiri. Pengabdian adalah perbuatan baik yang berupa pikiran, pendapat, ataupun tenaga sebagai wujud kesetiaan, cinta kasih sayang, norma, atau satu ikatan dari semua itu dilakukan dengan iklas.
    Manusia tidak ada dengan sendirinya melainkan di ciptakan oleh Tuhan. Karena itu manusia wajib mengabdi kepada tuhan.
    Pengabdian berarti penyerahan diri sepenuhnya kepada Tuhan, dan merupakan perwujudan tanggung jawab kepada Tuhan.
    Pengorbanan berasal dari kata korban yang berarti persembahan, sehingga pengorbanan berarti pemberian untuk menyatakan kebaktian. Kebaktian mengandung keiklasan tanpa pamrih. Suatu pemberian atas kesadaran moral utuh iklas semata-mata.
    Pengorbanan merupakan akibat pengabdian. Dapat berupa harta benda, pikiran dan perasaan, bahkan dapat juga berupa jiwanya. Sedangkan pengadian lebih pada perbuatan jadi pengabdian selalu dituntut pengorbanan sadangkan pengorbanan belum, tentu menuntut pengabdian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar