Sabtu, 17 Desember 2011

Tugas IBD

              MANUSIA DAN PANDANGAN HIDUP


nama : oen shiuli
kelas : 1PA01
npm : 15511427



Pengertian pandangan hidup

Pandangan hidup bersifat kodrati, karena menentukan masa depan seseorang.
Pandangan hidup artinya pendapat atau pertimbangan yang dijadikan pegangan, pedoman,arahan, petunjuk hidup di dunia. Pendapat atau pertimbangan merupakan hasil pemikiran manusia berdasarkan pengalaman sejarah menurut waktu dan tempat hidupnya. Pandangan hidup melalui proses yang sangat lama dan terus menerus sampai dapat diuji kenyataannya dan dapat di terima oleh akal sehingga diakui kebenrannya. Atas dasar tersebut manusia menerima hal itu sebagai pedoman, pegangan, arahan,petunjuk.

Pandangan hidup berdasarkan asalnya terbagi menjadi 3 macam :

  1. pandangan hidup yang berasal dari agama yaitu pandangan hidup yang mutlak kebenarannya.
  2. Pandangan hidup ynag berupa ideologi yang disesuaikan dengan kebudayaan dan norma yang terdapat pada suatu negara.
  3. Pandangan hidup hasil renungan yaitu pandangan hidup yang relatif kebenarannya.
Pandangan hidup pada dasarnya mempunyai unsur-unsur yaitu: cita-cita, kebajikan, usaha, keyakinan/kepercayaan. Cita-cita adalah apa yang diinginkan yang mungkin dapat dicapai dengan usaha dan perjuangan. Kebajikan adalah semua yang baik yang membuat hidup bahagia, makmur. Usaha dan perjuangan adalah kerja keras yang dilandasi oleh keyakinan/kepercayaan. keyakinan/kepercayaan diukur dengan kemampuan akal.jasmani,kepercayaan terhadap tuhan.

Cita-cita
menurut kamus umum bahasa indonesia cita-cita adalah keinginan, harapan,tujuan yang selalu ada dalam pikiran. Cita-cita merupakan pandangan hidup masa depan, pandangan hidup yang akan datang. Dengan demikian cita-cita merupakan semacam garis linier yang semakin lama semakin tinggi, dengan perkataan lain: cita-cita merupakan keinginan,harapan, tujuan manusia yang semakin tinggi tingkatannya.
Seseorang mecapai cita-citanya tergantung dari 3 faktor ini :
  • faktor manusia yang memiliki cita-cita
  • kondisi yang dihadapi selama mencapai apa yang dicita-citakannya
  • seberapa tinggikah cita-cita yang hendak dicapai
Kebajikan
kebajikan atau kebaikan atau perbuatan yang mendatangkan kebaikan pada hakekatnya sama dengan perbuatan moral, perbuatan yang sesuai dengan norma-norma agama dan etika.
Kebajikan adalah perbuatan yang sesuai dengan hati nurani kita, suara hati masyarakat dan hukum tuhan. Kebajikan manusia nyata dan dapat dirasakan dalam tingkah lakunya, karena tingkah laku bersumber pada pandangan hidup, maka setiap orang memiliki tingkah laku berbeda. Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkah laku seseorang adalah : faktor pembawaan, lingkungan dan pengalaman.
Usaha atau perjuangan
usaha atau perjuangan adalah kerja keras untuk mewujudkan cita-cita. Kerja keras dapat dilakuakn dengan ilmu dan jasmani, dan hal ini pada dasarnya menghargai dan meningkatkan martabat dan harkat manusia, karena itu manusia dibatasi oleh kemampuan yang terbatas yang menimbulkan perbedaan tingkat kemakmuran antara manusia yag satu dengan manusia yang lain.

Keyakinan/kepercayaan
keyakinan/keprcayaan menjadi dasar pandangan hidup yang berasal dari akal dan kekuasaan tuhan. Menurut prof.Dr. Harun nasution, ada 3 aliran filsafat yaitu :
  1. aliran naturalisme : hidup manusia dihubungkan dengan kekuasaan gaib yang merupakan kekuasaan tertinggi. Kekuasaan gaib adalah nature, dan itu dari Tuhan.
  2. Aliran intelektualisme : dasar aliran ini adalah akal/logika. Manusia mengutamakan akal dan dengan akal manusia berpikir untuk membedakan mana yang benar, dan mana yang salah, walaupun hal tersebut bertentangan dengan hati nurani.
  3. Aliran gabungan : dasar aliran ini adalah kekuatan gaib/nature dan juga akal. Kekuatan gaib adalah Tuhan. Percaya adanya Tuhan sebagai dasar keyakinan. Sedangkan akal pada dasarnya kebudayaan, yang menentuksn benar tidaknya sesuatu. Segala sesuatu dinilai dengan akal baik secara logika berfikir maupun sebagai rasa (hati nurani), jadi apa yang benar menurut logika berfikir juga diterima oleh hati nurani.
Langkah-langkah pandangan hidup yang baik :
  1. mengenal
  2. mengerti
  3. menghayati
  4. meyakini
  5. mengabdi
  6. mengamankan











    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar