Selasa, 10 Januari 2012

Tulisan

    Pengaruh Budaya Asing Bagi generasi muda Indonesia


Budaya asing yang masuk ke indonesia memiliki pengaruh yang sangat besar bagi kehidupan generasi muda, baik itu yang bersifat positif maupun yang bersifat negatif. Semua hal ini sedikit banyak telah berkembang pada kehidupan generasi muda, untuk itu kita sebagai generasi muda harus bisa memilih mana budaya asing yang perlu diserap sebagai pelajaran tentunya bersifat positif dan mana budaya asing yang harus kita filter/saring karena tidak cocok dengan jati diri anak bangsa atau karakter generasi muda bangsa kita.
Hal yang mendasari terjadinya pengaruh kebudayaan asing terhadap generasi muda adalah arus globalisasi yang semakin kuat dan tidak dapat dibendung lagi. Arus globalisasi sekarang ini memang jangkauannya sangat luas dan bisa dilihat dari berbagai macam sisi yang sedikitnya menyisipkan budaya asing yang sudah menyerap menjadi kebiasaan pada generasi muda, oleh karena itu dengan derasnya arus globalisasi ini dapat menyebabkan karakter generasi muda bangsa perlahan berubah menjadi bangsa asing sedangkan pada karakter kebudayaan bangsa sendiri akan tengelam menghilang dengan kata lain kepribadian bangsa akan hancur akibat generasi mudanya yang tidak mampu mempertahankan jati diri bangsanya sendiri dan menganggap budaya asing lebih menarik atau bahkan lebih akrab pada kehidupan sehari-hari dibanding budaya sendiri. Sekarang ini gejala-gejala arus globalisasi banyak ditemukan dikehidupan sehari-hari generasi muda, mulai dari hal yang terkecil yang bisa kita lihat samapai terbesar yaitu dari cara berbicara yang bercampur bahasa asing, cara berpakaian yang cenderung ke barat=baratan, cara berpenampilan, etiket yang cenderung lebih cocok pada bangsa asing, pemakaian label-label import yang dianggap lebih baik dari pada label dalam negeri atau produk dalam negeri, dan hal yang paling banyak dan telah menyebar luas yaitu teknologi seperti internet dan lain-lain yang menjadi sarana untuk akses informasi tanpa batas dan dimana saja,kapan saja yang telah larut menjadi bagian dari kebiasaan generasi muda yang apabila dapat digunakan dengan semestinya hal ini bersifat positif memajukan wawasan generasi muda bangsa sebagai pembawa/ penerus karakteristik bangsa, tapi yang kita temukan lebih banyak yang menggunakan untuk hal yang tidak baik, seperti situs porno dan hal lainnya yang tidak bisa disebutkan satu persatu yang bersifat merusak atau merugikan.

Hal tersebut adalah bentuk pengaruh kebudayaan asing pada bangsa yang sebenarnya bila generasi muda bisa mengelola dengan baik dan kreatif dapat menambah pengetahuan dan menjadi bahan pembelajaran untuk kita menjadi bangsa yang maju terdepan bukan untuk merugikan diri sendiri dan merugikan orang lain.

Namun jika semua hal itu tiidak diperbaiki maka kebudayaan bangsa kita semakin lama akan terkikis globalisasi dan yang paling terlihat dampaknya adalah penurunan moralitas bangsa karena pribadi bangsa yang hilang. Atau bisa dibilang generasi muda sekarang lebih suka menjadi pribadi lain daripada menjadi diri sendiri dan menghargai apa yang ada yang sebenarnya berpotensi besar bila dikembangkan dengan baik.

Untuk itu perlu adanya kesadaran akan pentingnya indentitas budaya kita sendiri pada generasi muda yang menjadi penerus nantinya, perlu adanya moralitas bangsa yang kokoh dan tidak terguncang oleh kebudayaan asing, belajar menjadi pribadi yang mampu berdiri tegak menghargai budaya bangsa dan menjadi anak muda bangsa yang kreatif melestarikan budaya negara kita negara indonesia.
Untuk itu generasi muda harus dapat mempertahankan budaya bangsa dan jati diri generasi muda sebagaimana adanya sesuai karakter bangsa indonesia. Hal itu akan tercapai bila kesadaran akan pentingnya budaya sendiri mulai ditanamkan atau diajarkan pada generasi muda karena memupuk sejak dini pribadi jauh lebih baik untuk membentuk budaya yang lebih baik.

oleh :oen shiuli
kelas :1PA01
npm :15511427

Tidak ada komentar:

Posting Komentar