Selasa, 10 Januari 2012

Tulisan

Batik Sebagai Budaya Indonesia yang mendunia


Batik sebagai budaya indonesia yang utama dan diwariskan dari nenek moyang kita untuk para anak cucunya merupakan kebudayaan yang harus dilestarikan karena Batik menjadi salah satu central budaya dan ciri khas dari bangsa indonesia yang tidak dimiliki negara lain,Batik bahkan sudah dikenal diseluruh dunia.
Batik diakui sebagai satu representasi dari budaya tak benda dari kemanusiaan didunia dan telah mendapat penghargaan merupakan salah satu apresiasi manusia dalam karya seni yang estetik dan mempunyai nilai seni yang tinggi dimata dunia terutama indonesia sebagai negara pencipta batik ini,batik juga dikenal dengan keindahannya/estetika dengan corak-corak yang dihasilkan dan beragam jenis dari masing-masing daerah yang memiliki keunikan motif batik sendiri dan menghasilkan perpaduan warna yang cantik dari masing-masing daerah sebagai ciri khas batik.
Batik bisa dibilang adalah budaya indonesia yang internasional karena telah diakui dan banyak turis mancanegara,dan seluruh dunia yang tertarik dan suka akan budaya batik indonesia ini, bahkan tidak sedikit dari daerah penghasil batik seperti jawa yaitu salah satunya di solo,pekalongan,dan daerah lainnya yang sambil memproduksi batik juga turis-turis yang berkunjung dapat mencoba bagaimana caranya membatik ini dan membelinya sebagai sovenir seni indonesia.
Batik memang tidak bisa dipandang sebelah mata lagi,karena kontribusinya didunia telah berperan penting dalam mengenalkan budaya indonesia dan negara indonesia kepda dumia internasional.
Tetapi meskipun batik telah bersinar dimata dunia, kesenian ini sempat diakui oleh malaysia karena kurangnya rasa nasionalis rakyat indonesia akan budaya batik.
karena itu negara lain dapat mengakuinya dan negara tersebut telah sadar akan potensi Batik yang cukup baik dan dapat membantu negara tersebut lebih terkenal dikancah dunia internasional.
Tapi akhirnya bangsa indonesia dapat menyelesaikan masalah itu dan batik tetap menjadi milik kita. Ini merupakan satu pelajaran bagi bangsa indonesia bahwa kita harus menghargai budaya bangsa kita sendiri dan melestarikan budaya bangsa tersebut agar samapai kapanpun tetap masih ada dan terlestari sampai generasi berikunya dan berikutnya. Karena itu ayo cintai budaya indonesia dan kemabangkan budaya batik ini agar menjadi no satu didunia dan semakin terlestari.


oleh ;oen shiuli
kelas ;1PA01
npm ;15511427

Tidak ada komentar:

Posting Komentar