Selasa, 10 Januari 2012

Tulisan

           Efek global warming bagi kehidupan


seiring dengan adanya globalisasi membuat banyak perubahan pada kota terutama semakin banyak dibangun gedung bertingkat dan rumah kaca yang membuat efek global warming meningkat. Efeknya yang berbahaya mulai dirasakan oleh manusia termasuk hewan, tumbuhan, udara terutama, tanah, air, semuanya terkena dampak global warming.
Pembangunan gedung atau rumah kaca dengan menggunakan bahan kaca akan membuat cahaya matahari yang panas terpantul kemabali ke ozon di atmosfer yang akhirnya lama kelamaan ozonnya terkikis dan mulai berlubang, akibatnya tidak ada filter lagi untuk menyaring sinar matahari (uv) yang masuk ke bumi sehingga cuaca menjadi sangat ekstrim dan membuat perubahan cuaca yang drastis yang membuat udara menjadi tidak sehat, cuaca cukup panas dan berefek pada tumbuhan juga yang mati karena terlalu panas, hewan yang terkena dampaknya juga tanah dan air semuanya terkena efek. Jika tetap seperti ini semakin lama bumi ini akan terkikis bahkan jika ada benda angkasa yang jatuh ke bumi maka sudah tidak ada penahan lagi karena ozon tersebut tidak mampu menopang tekanan yang besar dengan keadaan ozon yang rusak. Hal ini akan berdampak bahaya bagi manusia, lingkungannya dan bumi sendiri.
Dengan terjadinya hal ini dimulai adri sekarang kita harus menjaga bumi kita, kurangi efek global warming dengan membiasakan diri melakukan beberapa hal yang membantu, mengurangi efek kerusakan akibat global warming yaitu dengan menanam pohon agar Oksigen dan karbondioksida dapat membantu memperbaiki ozon dan mengurangi efek negatif, dengan menggunakan alternatif lain dalam membangun gedung jangan menggunakan kaca dan adanya pembatasan pembuatan gedung berkaca, membuat undang-undang tentang efek global warming,hentikan dan batasi pembangunan rumah kaca, kurangi kenadaraan pribadi dijalan raya dan usahakan naik kendaraan umum agar tidak terlalu banyak kendaraan dijalan karena semakin banyak kendaraan akan mengakibatkan asap yang merupakan polusi udara yang naik ke ozon semakin banyak dan hal ini juga akan membuat ozon menjadi berlubang. Menambah keterpurukan bumi akan efek global warming karena itu cobalah untuk disiplinkan diri kita dalam menjaga lingkungan dimulai dari hal yang paling kecil dan sederhana yaitu menanan pohon dipekarangan rumah, dengan begini itu akan sangat membantu dan jika banyak yang sadar akan bahaya global warmingb dan melaukan penanaman pohon pada akhirnya akan membuat keadaan menjadi sedikit lebih baik an mengurangi sedikit demi sedikit efek global warming pada kehidupan. Biasakan budaya positif ini untuk anak cucu yang hidup lebih baik dimasa mendatang.



oleh : oen shiuli
kelas :1PA01
npm :15511427

Tidak ada komentar:

Posting Komentar