Selasa, 10 Januari 2012

tulisan

Dampak positif dan negatif dari teknologi yang semakin maju untuk generasi muda

Pada era Globalisasi ini, negara menjadi semakin maju juga prasarana yang menopangpun akan mengalami perkembangan dan kemajuan seiring berjalannya waktu.

Bukti nyata yang signifikan dapat dilihat dari bidang Teknologi. Teknologi sekarang ini menjadi faktor yang cukup menonjol di banyak negara untuk menandakan bahwa negara tersebut maju. Teknologi sekarang ini cukup familiar dimasyarakat dan menjadi kebutuhan sehari-hari bagi negara maju. Karena hal itu tentu jika teknologi sudah menjadi kebutuhan sehari-hari maka tidak akan lepas dari dampak positif dan negatif dari teknologi itu sendiri untuk generasi muda yang memang kebanyakan menjadi pengguna terbanyak teknologi. Seperti kita ketahui saat teknologi semakin maju pasti mempunyai dampak positif dan negatif baik secanggih apapun teknologi itu atau seramah lingkungan apapun semua memiliki point plus dan point min. tapi terkadang generasi muda yang menggunakannya kurang memperhatikan dampak tersebut bahkan ada yang memang ia melanggar ketentuan penggunaan walaupun tahu hal itu salah. Sekarang kita akan melihat bagaimana dampak positif dan negatifnya. Dari teknologi sekarang ini yang cukup marak dimasyarakat adalah Internet, bisa diakses oleh siapapun, dimanapun, dan kapanpun semua dapat dicari disini. Termasuk gadget juga yang sekarang banyak beredar dipasaran.

Internet memang baik untuk membantu pekerjaan kita yang membutuhkan data segera dan tidak mempunyai banyak waktu, tentunya dimanapun bisa mendapat informasi baru, internet juga berguna untuk menambah wawasan penggunanya, membantu kelancaran bisnis dengan pemasaran dionline, membantu kita untuk lebih terbuka pada dunia, dan mengetahui berita seluruh dunia dengan lebih jelas, internet juga berguna sebagai bahan pembelajaran yang baik bila digunakan dengan benar. Ini merupakan beberapa dampak positif yang dirasakan oleh banyak orang. Dan sekarang seperti yang dibilang tadi teknologi mempunyai dampak negatif juga, maka internet yang merupakan bagian dari teknologi mempunyai dampak negatif yaitu;sering disalah gunanya untuk menngakses hal yang tidaak seharusnya seperti situs fornografi dan ini marak sekali dikalangan generasi muda terutama remaja awal hingga akhir yang memilki rasa keingin tahuan yang tinggi akan banyak hal, juga digunakan untuk menembus dokumen negara yang tidak seharusnya di sebarkan tapi ini disebarkan oleh hacker yang dapat membobbol kode rahasia dokumren negara hal ini melanggar hukum yang berlaku, internet digunakan untuk hal yang tidak baik seperti merusak account orang lain, dan meng-upload video yang tidak sepantasnya dilihat, terkadang yang terjadi banyak pada kaum generasi muda adalah bicara yang tidak pantas sebagai sarana peluapan emosi namun melalui internet hal inilah yang cukup banyak ditemukan diinternet dan perlu diadakan himbauan agar jagan smapai hal seperti ini terulang, banyak penggunaan yang salah pada internet yang menyebabkan banyak dampak negatif yang dapat kita lihat diinternet tersebut, juga tidak baik untuk kesehatan karena dengan mengakses internet di depan koputer akan berpengaruh pada mata sinarnya yang dapat membuat mata min bila terlalu lama dan hal ini sudah banyak dialami generasi muda dimanapun berada, bahkan diseluruh dunia. Bukankah hal itu sangat tidak baik mengingat satu teknologi yang familiar ini malah merugikaangenerasi muda bukannya membantu generasi muda kearah yang lebih baik. Dampak tersebut dapat dikurangi asalkan ada kesadaran dari penggunanya bahwa itu tidak baik jadi gunakanlah sesuai ketentuan yang ada untuk mencapai generasi muda yang cerdas dan selektif menggunakan teknologi, tahu daya guna dan tepat guna membuat generasi muda yang semakin maju.




oleh : oen shiuli
kelas :1PA01
npm :15511427

Tidak ada komentar:

Posting Komentar