Rabu, 19 Oktober 2011

Tulisan

                                        MARIA


Paman kaki panjang ??

Di sebuah sekolah SMA kedokteran yang cukup ternama “GREEN GARDEN” akan ada murid baru yang bernama Maria Ariel, ia adalah murid pindahan dari SMA Krisan.
Hari ini tepat tanggal 18 juni adalah hari pertama maria masuk di Green garden, bahkan ia tidak tau jalan menuju sekolahnya sampai akhirnya maria bertemu dengan seorang pria tampan di jalam menuju sekolahnya, lalu maria memutuskan untuk bertanya kepada pria itu dan akhirnya pria tersebut menggambarkan peta jalan menuju Green garden ,ternyata peta yang dibuat tidak benar dan membuat maria mengelilingi sekolahnya samapai akhirnya ia terlambat sampai disekolah dan ketika maria masuk dikelas dan memperkenalkan diri, lalu muncullah pria tadi dan guru pengajar mempersilahkan maria untuk memperkenlkan diri, maria dengan wajah yang manis & riang menyapa teman-temannya dikelas, tiba-tiba pria itu berkata “namanya maria ariel dingin sekali & jelek” lalu maria dengan wajah kesal duduk di tempat duduknya. Setelah bel berbunyi ada 2 orang teman sekelas yang ingin berkenalan dengan maria, mereka adalah christine & emma,mereka berdua adalah anak kembar tetapi memiliki sifat yang berbeda. Emma menjadi teman sebangku maria & ternyata emma juga adalah teman sekamar di astrama yang di biasa di sebut “GREEN HOUSE”. Bel pulang berbunyi dan maria yang baru selesai mengerjakan tugas dikelas pulang mencari emma, tetapi emma sudah pulang duluan,kata hanako teman sekelasnya dan maria memutuskan untuk ke asramanya lalu maria bertemu dengan christine & pria itu, maria menanyakan pada christine dimana asramanya? Christine bilang di belakang sekolah dengan raut wajah yang sinis dan acuh tak acuh menjawab, lalu maria ,mengucapkan terima kasih dengan wajah yang sedih dan kecewa karena berharap christine dapat menjadi temannya yang juga seperti emma. Maria tiba di asrama dan diperkenalkan dengan teman sekelas lainnya yaitu chizumi, miura, Lary, dan pria yang paling populer di sekolah yaitu “Kilian”.
Kilian terkenal sangat dingin kepada wanita dan pendiam padahal ia adalah anak yang pintar & selalu berprestasi disekolahnya. “juara umum”, mahir olahraga,main piano,berbahasa inggris, dan kebun mawar yang begitu cantik disekolahnya killian yang merawatnya, tapi ia tidak pernah mengakuinya. Kilian juga banyak disukai oleh siswi-siswi sekolah karena pintar & tampannya. Tapi kilian tidak pernah memperdulikan begitu kata teman-temannya.
Maria berfikir, kilian hanya pria usil yang mengganggunya jadi ia membencinya. Emma yang melihat hal ini bilang pada maria, “kau tidak suka kilian, sikapmu menunjukan hal itu”
hati-hati siswi 1 sekolah akan membencimu maria, lalu maria hanya tersenyum.
Keesokkan harinya,kamu cerdas sekali maria masuk sekolah ini pada pertengahan semester padahal sekolah ini susahnya loh!! kalau ujian aku nyerah deh ini karena ada yang membiayaiku masuk sekolah ini,pastinya orang itu tidak sekolah disini.. ia hanya mengirim surat padaku yang bertuliskan “selamat masuk sekolah Green garden, untuk maria dari paman kaki panjang”. Lalu keesoakan harinya maria bertemu dengan seorang laki-laki di kebun mawar sekolah, maria mulai berfikir, ia sepertinya kenal dengan pria itu dari senyumnya & gaya bicaranya, lalu maria menemuinya tetapi rupanya pria itu hanya menyampaikan surat dari paman kaki panjang , dan maria salah mengira, ia beranggapan kalau paman kaki panjang adalah pria itu, dan maria mengucapkan trima kasih,pria itu menjelaskan maksud kedatangannya dan memperkenalkan diri; namanya dokter Grand, bel sekolah berbunyi dan dokter Grand menyuruh maria untuk masuk kelas, ia hanya mengucapkan paman kaki panjang akan selalu ada di sisinya.
Keesokan harinya, hari minggu maria pergi ke tempat mamanya dirawat karena penyakit jantungnya. Maria menceritakan kepada mamanya ia bertemu dengsn dokter Grand. Dokter mama disini ia menyampaikan surat dari paman kaki panjang & mama maria bilang ia sudah pernah bertemu dengan paman kaki panjang, maria bilang bagaimana kalau paman kaki panjang sudah tua? Mama maria bilang “ tidak maria, paman kaki panjang masih muda & tampan, lalu ia juga berpesan kepada mama apakah kamu mau menjadi tunangannya. Apa ??? tapi aku baru berumur 17 tahun! Jangan khawatir maria waktu mama bertemu papamu, usianya sma seperti kamu sekarang ini dan setelah kuliah, kerja mama memutuskan untuk tunangan & menikah dengan papamu, kamu tahu kalau papa adalah seorang siswa genius di Green garden, nilai-nilainya selalu terbaik dan pandai main musik maria, maria “ ya, aku juga tahu akalau papa pegawai biasa namun genius”. Maria duduk termenung sambil cerita pada mamanya, maria tidak yakin bisa suka dengan paman kaki panjang, karena maria belum pernah bertemu dengannya, tapi maria merasa cinta akan tumbuh diantara kita berdua, ya betul ma.
Dokter grand datang,katanya ”maria jam besuk telah habis sekarang saatnya kamu pulang biarkan mamamu beristirahat dulu maria” sambil tersenyum. Biar maria ku antar pulang, terima ksih dokter grand, ucap mamanya.
Maria dan dokter grand makan direstourant dan maria dibelikan pakaian oleh dokter grand. Paman kaki panjang yang melihat hal itu berniat untuk membelikan maria “satu buket bunga” tanpa maksud apa-apa. Keesokan harinya saat di sekolah, maria menerima satu buket bunga mawar dan ada pesannya :” untuk maria yang tersayang dari paman kaki panjang”.
Maria menceritakan hal ini pada temannya Emma & menulis surat pada paman kaki panjang untuk mengucapakan terima kasih, maria ingin bertemu dengannya. Tapi, 1 minggu setalah surat di kirim, balasan dari paman kaki panjang tak kunjung datang. Sampai akhirnya hari minggu tiba saat maria akan bertemu paman kaki panjang, jam 08.00 di taman bunga dekat taman rekreasi, tapi paman kaki panjang tidak datang,maria memutuskan untuk pergi.
Tak beberapa lama kemudian maria tiba dirumah sakit tempat mamanya dirawat & saat menuju ke kamar mamanya, maria melihat Kilian diruang karja dokter. Secara tidak sengaja kilian melihat maria yang sedang melihatnya, lalu mereka mengobrol sejenak, kilian berusaha mengungkapkan bahwa paman kaki panjang itu sebenarnya tidak ada, & mama maria yangn membiayai maria sekolah. Paman kaki panjang hanya membantunya. Saat kilian mendapatkan juara tingkat nasional, namanya tertera dipapan pengumuman,maria mulai berpikir nama belakang kilian sama dengabn dokter grand “ kilian grand” lalu maria bertanya pada kilian, “sedang apa kamu disini??”, kilian : “ apa salah berada dirumah sendiri?”, maria :” maksudmu? Dokter grand belum punya anak kan?” ,kilian :” siapa bilang, lalu aku ini siapa?” , maria :” jadi kamu putra dokter grand, Kilian.”
kilian :” sekarang kamu tau, mengertilah maria, bahwa orang tua kita saling berhubungan, papamu & papaku adalah teman sekolah & mamamu adalah cinta pertama mereka, apakah kamu tau hal itu maria?” , maria: “ tidak mungkin! Kenapa kamu dan dokter grand tidak pernah cerita padaku?”, kilian :” karena aku pikir kamu tau itu maria”. Percakapan berakhir & maria meninggalkan kilian diruangan itu.
Keesokan harinya, libur musim semi telah tiba, saat libur maria menulis surat kepada paman kaki panjang, ia ingin bertemu dengannya. Walaupun libur musim semi tapi maria tetap tinggal diasramanya. Hari yang ditunggu telah tiba, maria bangun sangat pagi & membuka jendela kamarnya untuk menghirup udara pagi yang segar & menikmati pemandangan losmen pengunungan yang indah, karena di belakang green house adalah pegunungan yang indah.
Sekitar pukaul 09.00 pagi maria pergi ke taman bunga, dekat tempat rekreasi itu, sebelum pergi maria bertemu kilian yang duduk di taman mawar sekolah tersebut, kilian :” maria mau kemana sepagi ini?”, maria :” aku mau pergi!!”lalau setelah maria pergi. Kilian :” sepertinya ia telah lupa padaku teman masa kecilnya,tunangan masa kecil. Maria seandainya kamun tau aku suka kamu sejak pertama bertemu, waktu kecil sampai sekarang aku tidak bisa melupakanmu. Kamu cinta pertamaku maria”.
Setelah maria smapai ditaman itu ia bertemu Lary, teman kilian yang diam-diam mengagumi maria, ia mengundang maria untuk datang ke acara konser bandnya lary, tapi demi keinginan untuk bertemu paman kaki panjang maria menolak ajakan lary, dan memilih untuk tetap menunggu. Waktu terus bergulir, tidak terasa sudah sore, bahkan malam, maria belum pulang juga ke asramanya, sampai akhirnya kilian pergi ke asrama maria untuk memastikan maria sudah pulang atau belum, ternyata maria belum pulang, lalu kilian segera bergegas pergi mencari maria di tman rekreasi & taman umum.
Setelah mencari ke taman umum maria tidak ada, lalu kilian mencari ke taman rekreasi, saat menuju ke tempat itu kilian mengalami kecelakaan, ia ditabrak mobil & dibawa kerumah sakit oleh pengemudi mobil tersebut. Di sisi lain maria yang terus menunggu dan akhirnya memutuskan pulang dengan wajah murung & sedih, maria telat sampai diasrama dan melanggar jam malam di asrama itu. Maria akhirnya di keluarkan dari sekolah. Lary yang mengetahui hal ini mencari kilian ke rumahnya dan akhirnya bergegas ke rumah sakit saat mengetahui kilian dirawat dirumah sakit, kecelakaan tersebut membuat tangan kilian patah, lalu lary menceritakan hal itu pada kilian, kilian segera bergegaas ke asrama untuk mencari maria walaupun kondisinya belum membaik, berharap maria belum pergi. Ternyata semua terlambat, maria telah pergi, kilian mencarinya ke taman umum, mungkin maria tengah sedih disana sendiri. Akhirnya harapan kilian tercapai, kilian berhasil menemukan maria & dan memangilnya, dengan perasaan bingung & terkejut maria menatap kilian yang menghampirinya sambil membawa sebuket mawar dari kejauhan lalu menatap matanya, kilian dengan marah & khawatir bertanya :” kenapa kamu pergi?? kenapa kamu begitu naif hingga dikeluarkan hanya karena paman kaki panjang!! maria...”
maria dengan wajah bingung bertanya :“kenapa kamu tau tentang paman kaki panjang??”
karena aku adalah paman kaki panjang maria “kilian” maria kenapa kamu pergi? Bukankah dalam surat kamu tulis kalau kamu cinta aku, kenapa kamu ragu! “ sambil menggenggam tangan maria, maria :”jadi selama ini kamu membohongiku kilian?”, kilian :”tidak, hanya saja aku berpikir kamu akan mengingatku sebagai tunanganmu & bukannya terbawa dengan sosok paman kaki panjang,ternyata kamu malah tertarik & terbawa dengan paman kaki panjang, sekarang kamu tau semua kejujuran isi hatiku maria..”. Maria:” maafkan aku sekarang aku mengerti, selama ini aku juga sebenarnya selalu memperhatikanmu kamu, maaf kilian..”
kilian sambil tersenyum & memeluk maria :” sudahlah maria, yang penting kamu ada di sampingku sekarang & selamanya.
Lalu kilian memberikan mawar kepada maria, karena ia tau sejak kecil maria sangat menyukai taman mawar milik kelurga kilian. Lalu kilian berdiri dengan senyuman menggenggam tangan maria dan mengajaknya untuk kembali ke sekolah dan ke sisinya, mereka pergi dengan riang..
Beberapa hari kemudian setelah dirawat kilian sembuh, dan mereka melanjutkan sekolah bersama..maria kembali ke green garden & teman-temannya menyambut maria dengan riang.
Keesokan harinya..kilian menunggu maria di depan gerbang dengan senyuman riang, & menanti maria yang sedang jalan menghampirinya untuk ke kelas bersama.. ^^

 Refrensi : maria by Naoko Takeuchi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar