Sabtu, 15 Oktober 2011

KONSEPSI ILMU BUDAYA DASAR DALAM KESUSASTRAAN

TUGAS BAB 1 IBD


nama : oen shiuli
kelas : 1PA01
npm : 15511427

Hubungan Antara Seni dan Sastra dengan Ilmu Budaya Dasar
Dalam kehidupan berbudaya seperti indonesia tentu sangat kental berbagai macam kebudayaan pada masing-masing daerah di indonesia. Dengan perbedaan yang ada baik itu dari seni, adat sastra dan hal lain-lainnya membuat suatu kebudayaan itu istimewa, unik, dan menarik karena Hal ini adalah salah satu faktor yang mendasari terbentuknya suatu budaya. Dari faktor ini menunjukan bahwa keterkaitan seni sastra dengan budaya cukup berpengaruh dalam kebudayaan itu sendiri dan membuat kebudayaan dapat berkembang dengan nilai estetika yang baik karena memiliki keunikan dari segi seni dan sastranya.

Pendekatan kesastraan pada ilmu budaya dasar
Istilah IBD dikembangkan pertama kali di indonesia sebagai pengganti istilah basic humanitiesm yang berasal dari bahasa inggris “the humanities”. Adapun istilah humanities sendiri berasal dari bahasa latin humnus yang artinya manusia,berbudaya, dan halus. Dengan mempelajari the humanities diandaikan seseorang akan bisa menjadi lebih manusiawi ,lebih berbudaya, dan lebih halus. Dengan demikian bisa dikatakan bahwa the humanities berkaitan dengan nilai-nilai manusia sebagai homo humanus atau manusia berbudaya. Agar manusia menjadi humanus mereka harus mempelajariyaitu the humanities. Disamping tidak meninggalkan tanggung jawabnya sebagai manusia itu sendiri.
Pengelompokan ilmu pengetahuan dibagi menjadi 3 oleh prof.Dr.Harsya Bactiar dinataranya adalah sebagai berikut :
  1. ilmu-ilmu alamiah (natural scince)
    bertujuan untuk mengetahui keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam alam semesta.
  2. Ilmu-ilmu sosial (sosial scince)
    ilmu-ilmu sosial bertujuan untuk mengkaji keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam hubungan antara manusia.
  3. Pengetahuan budaya (the humanities)
    bertujuan untuk memahami dan mencari arti kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi.
Pengetahuan budaya (the humanities) dibatsi sebagai pengetahuan yang mencakup keahlian (disiplin) seni dan filsafat. Sedangkan ilmu budaya dasar (basic humanities) adalah usaha yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah manusia & kebudayaan. Dengan perkataan lain IBD menggunakan pengertian yang berasal dari bidang ilmu pengetahuan budaya untuk mengembangkan wawasan pikiran serta kepekaan dalam mengkaji masalah manusia & kebudayaan.
Ilmu budaya dasar mempelajari pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan uktuk mengkaji maslah-masalah amnusia & kebudayaan.  
NILAI YANG TERKANDUNG DALAM PROSA FIKSI
Sebagai seni yang berpondasi cerita, pasti dan harus dalam karya sastranya mengandung nilai-nilai moral, pesan,
dan berbagai cerita.
Adapun point-point yang dapat kita peroleh melalui membaca prosa, antara lain :
1. prosa fiksi memberikan rasa gembira atau senang
2. prosa fiksi memberikan suatu informasi didalamnya

 ILMU BUDAYA DASAR YANG MENGHUBUNGKAN DENGAN PUISI
Puisi adalah sesuatu yang kita kenal dengan rangkaian kata-kata indah yang penuh makna didalamnya,apalagi jika kita benar-benar meresapi dalam membacanya.
Puisi termasuk dalam seni sastra, sedangkan sastra merupakan bagian dari kesenian, dan kesenian itu sendiri merupakan bagian dari kebudayaan.
Jika kita pikirkan puisi adalah suatu rangkaian kata-kata yang membentuk beberapa kalimat yang penuh dengan makna hidup, alam, bahkan keTuhanan yang di ekspresikan oleh sang penyair dalam bentuk tulisan maupun ekspresi dari puisi yang dibacakan.
Didalam Ilmu Budaya dasar kita menemukan penyajiaan puisi, adapun yang mendasarinya, yaitu :
1. adanya hubungan didalam pembuataan puisi dengan pengalaman hidup manusia.
2. adanya suatu rasa insyaf atau sebuah kesadaran seseorang dari suatu kejadian.
3. puisi dan keinsyafan sosial
Saya menyimpulkan bahwa konsepsi ilmu budaya dasar didalam kesusastraan memegang peranan penting karena seni ini adalah cerminan dari nilai-nilai budaya yang terkandung di dalam masyarakat sejak lama, seni juaga membuat orang yang ingin mengutarakan pendapat atupun gagasannya menjadi mudah untuk berkomunikasi secara normatif.
3. prosa fiksi memberikan warisan budaya
4. prosa dapat memberikan suatu penyesuaian wawasan.


referensi : Nugroho,w.1996.ilmu budaya dasar.Gunadarma jakarta.
                 http://www.google.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar