Sabtu, 15 Oktober 2011

MANUSIA DAN CINTA KASIH

TUGAS BAB 2 IBD

nama : oen shiuli
kelas : 1PA01
npm : 15511427




PENGERTIAN CINTA KASIH


Menurut kamus umum bahasa indonesia karya WJS Poerwadarminta. Cinta adalah rasa sangat suka (kepada) atau (rasa) sayang (kepada). Sedangkan kata kasih adalah perasaan sayang atau cinta kepada atau menaruh belas kasih. Dengan demikian cinta kasih dapat diartikan sebagai perasaan suka sayang (kepada) seseorang yang diseratai rasa belas kasihan.
Pengertian tentang cinta dikemukan oleh Dr.Sarlito.W.Sarwono. Dikatakan bahwa cinta memiliki 3 unsur yaitu keterikatan,keintiman, dan kemestraan. Dalam arti keterikatan adalah perasaan rasa ingin bersama, perasaan yang selalu mengacu kepada dia,segala prioritas untuk dia,perasaan adanya hubungan Erat dengan dia. Keintiman adalah kebiasaan-kebiasaan & tingkah laku yang menunjukan tidak ada jarak diantara anda dan dia. Dapat dikatakan memiliki hubungan yang cukup erat diantara keduanya. Kemestraaan yaitu adanya rasa ingin membelai atau dibelai, rasa rindu karena tidak bertemu, adanya ucapan yang mengungkapkan sayang.
Pada kitab suci al-quran terdapat 3 tingkatan cinta yaitu cinta tinggi,menengah,dan rendah.
Cinta tingkat tinggi adalah cinta kepada tuhan yang maha esa. Cinta tingkat menengah adalah cinta kepada orang tua, anak,saudara,istri/suami, atau kerabat. Cinta tingkat rendah adalah cinta yang mengutamakan cinta keluarga,kerabat,harta, dan tempat tinggal.
KASIH SAYANG
kasih sayang adalah perasaan sayang,perasaan cinta,atau perasaan suka kepada seseorang.
Dalam hal ini manusia dituntut secara sadar atau tidak sadar untuk bertanggung jawab,pengorbanan,kejujuran,saling percaya,pengertian,terbuka,guna membentuk suatu kesatuan yang bulat dan utuh.
KEMESRAAN
Berasal dari kata dasar mesra, yang berarti perasaan simpati yang akrab. Hubungan antara pria dan wanita yang sedang jatuh cinta. Kemesraan pada dasarnya merupakan perwujudan kasih sayang yang mendalam.
PEMUJAAN
Pemujaan adalah salah satu manifestasi cinta manusia kepada tuhannya yang diwujudkan dalam bentuk komunikasi ritual.

BELAS KASIHAN
Dalam surat yohanes dijelaskan terdapat 3 macam cinta. Yaitu, cinta agape ialah cinta manusia kepada tuhan. Cinta phillia ialah cinta kepada ibu bapak (orang tua) dan saudara. Lalu cinta eros atau amor ialah cinta antara pria dan wanita. Bedanya cinta eros adalah cinta kodrati sebagai laki-laki dan perempuan. Sedangkan amor adalah cinta berdasarkan unsur-unsur yang sulit dinalar atau dicerna pemikiran kita.
Cinta terhadap sesama yaitu agape & phillia. Diberikan istilah belas kasihan untuk membedakan antara cinta orang tua, pria-wanita,cinta kepada tuhan. Cinta diberi istilah belas kasihan dalam arti ini karena penderitaannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar