Sabtu, 15 Oktober 2011

MANUSIA DAN KEBUDAYAAN

TUGAS BAB 1 IBD


                  MANUSIA DAN KEBUDAYAAN

nama : oen shiuli
kelas : 1PA01
npm : 15511427




 
MANUSIA

Manusia dilihat dari berbagai definisinya dan dari berbagai sudut pandang,diantaranya dari segi eksakta ,manusia adalah kumpulan dari partikel-partikel atom yang membentuk jarinagn sistem yang dimiliki oleh manusia (ilmu kimia). Manusia merupakan kumpulan dari berbagai sistem fisik yang saling terkait satu sama lain dan merupakan kumpulan dari energi (ilmu fisika). Manusia merupakan mahluk biologis yang tergolong dalam golongan mahluk mamalia (biologis). Dalam ilmu-ilmu sosial, manusia merupakan mahluk yang ingin memperoleh keuntungan atau selalu memperhitungkan setiap kegiatan,sering disebut homo economicus (ilmu ekonomi). Manusia merupakan mahluk sosial yang tidak dapat berdiri sendiri (sosiologi)., mahluk yang selalu ingin mempunyai kekuasaan (politik).
    manusia terdiri dari empat unsur yang saling terkait,yaitu :
  1. Jasad; yaitu badan kasar manusia yang anmpak pada luarnya,dapat diraba,dan difoto,menempati ruang dan waktu.
  2. Hayat; yaitu mengandung unsur hidup,yang ditandai dengan gerak.
  3. Ruh; yaitu bimbingan dan pimpinan tuhan,daya yang bekerja secara spiritual dan memahami kebenaran,suatu kemampuan menciptakan yang bersifat konseptual yang menjadi pusat lahirnya kebudayaaan.
  4. Nafas ; dalam pengertian diri dan keakuan,yaitu kesadaran tentang diri sendiri.
    manusia sebagai suatu kepribadian yang mengandung 3 unsur yaitu :
  1. Id. merupakan srtuktur kepribadian paling primitif dan tidak tampak. Id menunjukan ciri alami yang irrasional yang terkait masalah sex dan secara instingtual menentukan proses-proses ketidaksadaran. Terkait struktur lain kepribadian yang pada gilirannya menjadi mediator antara insting id dengan dunia luar.
  2. Ego. Di sebut Kepribadian eksekutif karena peranan dalam menghubungkan energi id kedalam struktur sosial yang dapat dimengerti orang lain.
  3. Super ego. Terbentuk karena lingkungan eksternal. menunjukan pola aturan yang menghasilkan kontrol diri melalui sistem imbalan dan hukuman yang terinternalisasi.

Hakekat manusia :
  1. Mahluk ciptaan tuhan yang terdiri dari tubuh dan jiwa sebagai satu kesatuan yang utuh.
  2. Mahluk ciptaan tuhan yang paling sempurna, jika dibandingkan denagn mahluk lainnya.
  3. Mahluk biokultural yaitu mahluk hayati yang budayawi.
  4. Mahluk ciptaaan tuhan yang terkait dengan lingkungan, mempunyai kualitas dan martabat karena kemampuan bekerja dan berkarya.

PENGERTIAN KEBUDAYAAN

Setiap masyarakat memiliki kebudayaan sendiri sebagai pemenuhan kebutuhan masyarakat yang bisa dilihat dari perkembangan kebudayaannya mana yang telah berkembang, dan mana yang belum berkembang.
Pengertian kebudayaan menurut para ahli, diantaranya adalah selo soemardjan dan soelaiman soemardi adalah semua hasil dari karya,rasa, dan cipta masyarakat. Karya masyarakat menghasikan teknologi dan kebudayaan kebendaaan guna membantu kepentingan masyarakat. Rasa meliputi jiwa manusia yang mewujudkan segi norma dan nilai masyarakat untuk mengatur masalah-masalah kemasyarakatan termasuk agama,ideologi,kebatinan,kesenian,semua unsur hasil ekspresi jiwa manusia.
Cipta merupakan kemampuan mental, olah fikir masyarakat yang menghasilkan filsafat serta ilmu pengetahuan. Menurut pengertian itu kebudayaan adalah keselururhan sumber atau ari pengetahuan manusia sebagai mahluk sosial, berguna menginterprestasi dan memahami lingkunagn yang dihadapi,pemenuhan kebutuhan serta mendorong terwujudnya kelakuan manusia itu.
Unsur kebudayaan dibagi menjadi 7 unsur :
  1. unsur religi
  2. sistem kemasyarakatan
  3. sistem peralatan
  4. sistem mata pencarian hidup
  5. sistem bahasa
  6. sistem pengetahuan
  7. seni
Pengertian 7 unsur kebudayaan :

1. Sistem kepercayaan (sistem religi)
Sistem kepercayaan adalah suatu sistem yang diperlukan dalam kehidupan kita karna jika manusia tidak memiliki ke percayaan terhadap agama maka semua manusia pasti akan selalu bertengkar dan berperang atara negara 1 dan negara lainnya.

2. Sistem pengetahuan
Sistem Pengetahuan adalah suatu sistem yang berfungsi untuk pengetahuan perorangan atau secara individu mungkin kita juga sudah tau apa itu pengetahuan.

3. Peralatan dan perlengkapan hidup manusia
maksud dari poin ini adalah peralatan dan perlengkapan untuk hidup kita seperti perlalatan mandi, makanan dan lain sebagainya karna kita tidak luput akan perlengkapan hidup yang kita jalani.

4. Mata pencaharian dan sistem-sistem ekonomi
serta mata pencaharian suatu tujuan yang utama sebagai pekerjaan untuk mengembangkan ekonomi kita dalam kehidupan sehari-hari yang biasa di jalani semua orang.

5. Sistem kemasyarakatan
Kemasyarakatan adalah kehidupan kita dalam berkomunikasi dan bekerja sama dengan orang lain.

bahasa sebagai landasan perilaku yang menggambarkan kehidupan secara individu kita dalam menjalankan semua komunikasi dalam  berbahasa.

7. Kesenian
Kesenian ini berguna untuk membuat diri kita bebas untuk berkarya dalam bidang apapun .


kebudayaan memiliki 3 wujud :
  1. wujud sebagai suatu kompleks dari ide,gagasan,norma,peraturan,dan sejenisnya.
  2. Kebudayaan sebagai kompleks aktivitas kelakuan berpola dari manusia dalam masyarakat.
  3. Benda hasil karya manusia.
Kebudayaan tidak bersifat statis karena kebudayaan mempunyai dinamika,mengalami perubahan atau perkembangan, yang diakibatkan oleh manusia sebagai wadah kebudayaan.


                       
                                                                                                 sumber : ariantocahyadi.blogspot.com
                                                                                                               http://www.wikipedia.com/






Tidak ada komentar:

Posting Komentar