Rabu, 25 Desember 2013

psikologi managemen

nama : oen shiuli
kelas : 3PA01
npm : 15511427
 

Bagaimana cara anda memanage diri?
 
Setiap orang pasti memiliki tujuan hidup yang berbeda.
mengapa begitu?
karena masing-masing orang diciptakan dengan berbagai karakter yang berbeda, pemikiran serta keinginan yang berbeda dalam hidupnya. Hal tersebut tentu saja akan berpengaruh pada cara orang tersebut dalam memanage diri.
Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara manajemen diri. Untuk mengetahui lebih dalam bagaimana cara memanage diri, kita harus mengetahui apa itu manajemen diri, berikut definisinya..
Manajemen diri adalah bagaimana cara kita mengatur serta mengelola diri kita sendiri agar dapat mencapai tujuan yang kita inginkan. Banyak cara yang dapat dilakukan dalam manajemen diri sendiri. Seperti: memiliki sikap disiplin, tidak menyia-nyiakan waktu, memiliki motivasi yang tinggi dalam hidupnya, dan mempunyai planning untuk mencapai tujuan yang di inginkan.
Manajemen diri memang bukan hal yang mudah untuk dilakukan, namun jika kita ada kemauan untuk belajar pasti kita dapat melakukannya sedikit demi sedikit.
Mengapa manajemen diri itu penting? Karena Kesuksesan dapat dilihat dari kesuksesan seseorang dalam memanage dirinya sendiri. setelah dapat memanage dirinya sendiri maka orang tersebut akan dapat memimpin dan menggerakan agar tujuan yang telah direncanakan dimulai dari sekarang.
Dan saya sendiri sedang menuju proses manajemen diri tersebut. Saya adalah tipe orang yang tidak suka melanggar peraturan dan ketentuan waktu, Bagi saya mengerjakan segalanya sesuai dengan tenggang waktu yang ditentukan adalah penting, karena itu saya mengusahakan setiap tugas selesai pada waktunya. Dalam kegiatan sehari-hari, saya adalah orang yang selalu berlandaskan planning, bagi saya penting untuk memiliki sejumlah rencana yang tersusun rapi untuk menjalankan atau mencapai tujuan yang saya mau. Begitupula pada saat saya merenungkan tentang masa depan, saya mulai memikirkan langkah-langkah kongkret yang dilakukan untuk mencapai apa yang saya mau.

Beranjak dari hak tersebut saya mulai belajar menerapkan cara memanage diri, yang biasa saya lakukan adalah mulai membuat daftar tujuan yang ingin dicapai, lalu memikirkan langkah-langkah kongkret yang dapat dilakukan untuk mencapai tujuan, kemudian mengambil keputusan atas langkah yang dipilih; saya mulai merenungkan resiko dari langkah yang saya ambil, apakah langkah tersebut menguntungkan dan membuat saya lebih dekat untuk mencapai tujuan atau merugikan hingga membuat gagal? seandainya langkah tersebut gagal, maka saya akan mengevaluasi diri untuk mengetahui dimana kesalahan saya dan apa yang saya bisa perbuat untuk memperbaikinya. Dalam hal ini memang tidak mudah karena saya sendiri pernah merasa kecewa saat mengalami kegagalan, merasa terpuruk, tapi saya berusaha bangkit dan memotivasi diri saya sendiri bahwa masih banyak cara lain yang bisa saya lakukan. Seperti kalimat "ada 1000 jalan menuju roma", pasti selalu ada rencana yang lebih baik dari pelajaran tentang kegagalan kemarin.
Setelah saya mengevaluasi, saya mulai menerapkan langkah perbaikan pada rencana saya kemudian menjalankannya untuk mencapai tujuan. Saya mulai mengatur semuanya agar berjalan sesuai target dan waktu yang diinginkan. saya memikirkan semuanya dengan matang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar