Rabu, 28 November 2012

tugas psikologi dan teknologi internet

         

                                                 JEJARING SOSIAL

 
jejaring sosial (social network) adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang dijalin dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai,visi, ide, teman, keturunan, dll.
Analisis jaringan jejaring sosial memandang hubungan sosial sebagai simpul dan ikatan. Simpul adalah aktor individu di dalam jaringan, sedangkan ikatan adalah hubungan antar aktor tersebut. Bisa terdapat banyak jenis ikatan antar simpul. Penelitian dalam berbagai bidang akademik telah menunjukkan bahwa jaringan jejaring sosial beroperasi pada banyak tingkatan, mulai dari keluarga hingga negara,dan berorientasi untuk semua tingkatan, generasi. Dan jaringan sosial memegang peranan penting dalam menentukan cara memecahkan masalah, menjalankan organisasi, serta derajat keberhasilan seorang individu dalam mencapai tujuannya.Dalam bentuk yang paling sederhana, suatu jaringan jejaring sosial adalah peta semua ikatan yang relevan antar simpul yang dikaji.
Jejaring sosial pada masa sekarang ini, sudah menjadi life style atau trend, gaya hidup manusia modern diseluruh dunia, terutama jika mengingat kemudahan dalam mengakses, yang bisa dirasakan oleh siapapun dan dimanapun, membuat jejaring sosial ini semakin populer diberbagai kalangan atau tingkatan. bahkan teknologi jejaring sosial ini sudah seperti menembus ruang dan waktu. juga dapat memjadi tolak ukur strata sosial seseorang dimasyarakat, seperti dosen, mahasiswa, doktor,pengacara, guru, siswa, bahkan anak sekolah dasar sekalipun.
tetapi disamping itu semua ada hal yang perlu diingat, setiap sesuatu yang populer atau luar biasa, pasti memiliki dampak positif dan negatif sendiri, mengingat pengguna jejaring sosial ini juga begitu marak dan semakin bertambah setiap tahunnya.
dalam penggunaan jejaring sosial, individu tidak hanya sekedar tahu dan menggunakan, tetapi mereka juga harus mengerti kode etik jejaring sosial untuk mengurangi dampak negatif jejaring tersebut, dan mengasah kembali dampak positifnya.
berikut ini beberapa dampak positif dari jejaring sosial :
 
- sebagai media penyebaran informasi dan bertukar informasi
- sebagai sarana untuk mengembangkan keterampilan dan sosial
- memperluas jaringan pertemanan
- menambah link, untuk para pekerja

Dan, dampak negatif dari jejaring sosialnya adalah :

- kejahatan dunia maya (cyber crime)
- melemahkan dan menurunkan sensitifitas
- menyebabkan penyakit maag


 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
OEN SHIULI
2PA01
15511427







                           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar