Minggu, 04 November 2012

Tugas Psikologi Dan Teknologi Internet




NETIQUETTE
 
 


Netiquette sebenarnya merupakan singkatan, yang terdiri dari dua kata yang dijadikan satu, yakni networks dan etiquette. Banyak orang mengartikan sebagai berperilaku sesuai etiket saat tersambung ke jaringan internet, entah itu saat berinteraksi di forum, mailing list, maupun blog.
Netiquette ini memiliki beberapa definisi, diantaranya :
a) etika dalam menggunakan internet.
b) Aturan-aturan/kebiasaan/etika/etiket secara umum yang berlaku di seluruh dunia, sehingga para pengguna atau pelaku internet dapat dengan nyaman berinteraksi di dunia maya.
Didalam internet tidak ada peraturan tertulis secara baku atau hukum yang memiliki kekuatan legal sebagai acuan untuk menyikapi arus informasi dan data yang lalu lalang didalamnya. Karena itu bila terjadi suatu khasus pelanggaran etika dapat diajukan ke pengadilan melalui mekanisme hukum positif yang berlaku pada diri seseorang (warga negara) maupun lembaga/organisasi. Yang paling sering terjadi tuntutan hukum adalah menyangkut soal pelanggaran Hak Cipta, Hak Privacy dan serangan illegal (Spamming, Pirating, Cracking dan sejenisnya) terhadap suatu produk, perseorangan maupun institusi yang dilindungi hukum positif secara internasional.
Netiquette ini dibuat untuk menghindari hal-hal yang mengakibatkan pelanggaran dan penggunaan internet secara sembarang pada pengguna internet yang tidak bijak. Karena itu dibuat suatu tata cara berperilaku atau dapat dikatakan sebagai pedoman kaidah normatif untuk berinternet khususnya dalam mengakses data atau informasi.
Netiquette ini sebenarnya merupakan hal yang umum dan biasa,sama halnya saat kita memasuki suatu komunitas umum, tentunya terdapat aturan tata cara berperilaku dimana dalam komunitas tersebut terdapat banyak informasi dan terbuka. Karena itu dalam penggunaan informasi tersebut kita harus memerhatikan netiquette yang ada, agar tidak terjadi kesalahpahaman atau salah pengertian ketika menggunakan informasi tersebut dan ketika berinteraksi dengan pengguna internet lainya di dunia maya.

                   
Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah beberapa aturan yang ada pada Nettiquete ini, yaitu :
  1. Amankan dulu diri anda, maksudnya adalah amankan semua properti anda, dapat dimulai dari mengamankan komputer anda, dengan memasang anti virus atau personal firewall.

  2. Jangan terlalu mudah percaya dengan Internet, sehingga anda dengan mudah mengunggah data pribadi anda. dan anda harus betul-betul yakin bahwa alamat URL yang anda tuju telah dijamin keamanannya.

  3. dan yang paling utama adalah, hargai pengguna lain di internet, caranya sederhana yaitu,:
    a. jangan biasakan menggunakan informasi secara sembarangan, misalnya plagiat.
b. jangan berusaha untuk mengambil keuntungan secara ilegal dari Internet, misalkan melakukan kejahatan pencurian no kartu kredit
c. jangan berusaha mengganggu privasi orang lain, dengan mencoba mencuri informasi yang sebenarnya terbatas.
d. jangan menggunakan huruf kapital terlalu banyak, karena menyerupai kegiatan teriak-teriak pada komunitas sesungguhnya.
e. jangan flamming (memanas-manasi), trolling (keluar dari topik pembicaraan) ataupun junking (memasang post yang tidak berguna) saat berforum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar